Minggu, 18 Oktober 2009

Sekilas Tentang Korea selatan

Nama Asli
"Taehan Min'Guk"

Luas Wilayah
98.400 km²

Jumlah Penduduk
48.289.037

Bentuk Negara
Republik

Sistem Pemerintahan
Presidensial Terpusat

Kepala Negara
Presiden

Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri

Ibukota
Seoul

Agama
Buddha, Chongogyoisme, Kristen

Bahasa Nasional
Korea

Mata Uang
Won

Lagu Kebangsaan
Aegukga


Seoul merupakan sebuah kota yang tak pernah sepi dari berbagai acara. Ada saja pertunjukan-pertunjukkan baik yang kelas lokal maupun internasional. Dikenal antara lain sebagai kota kebudayaan, Seoul memiliki berbagai festival yang terkenal, di antaranya festival kembang api, festival makanan, dan fes¬tival seni.
Menyimak Seoul lebih dekat, pengunjung akan melihat pembauran antara budaya tradisional dan modern. Gedung-gedung modern yang menjulang tinggi, kecanggihan teknologi, industri film yang meluas, menyatu harmonis dengan bangunan istana kuno, kuil, dan benteng masa lampau.

Salah satu wisata sejarah yang dapat Anda kunjungi di Seoul adalah istana Gyeongbokgung, yang dulunya merupakan tempat kaisar melakukan kegiatan-kegiatan penting pemerintahan. Di belakang istana ini, terdapat taman yang asri dengan susunan batu yang tradisional dan bunga yang indah. Berwisata ke istana kuno, selain untuk mengetahui sejarah dapat juga memanjakan mata dengan pemandangan yang indah.

ahh pengen liatt lgsg..


Selain itu, simbol wisata dari Seoul lainnya adalah Sungai Han. Sungai yang panjang ini tepinya ditata dengan apik untuk tujuan wisata. Area wisata Sungai Han meliputi tempat olahraga, areal bersepeda di sepanjang tepi sungai, dan taman keluarga. Tak ada sampan yang ber-serakan di sungai tersebut sehingga pemandangan yang ada sangat indah. Pengunjung juga bisa bermain air di sana, Ada pula jasa kapal ferry yang siap mengantar pengunjung menikmati tamasya sungai Han.

masyaAllah indah bgts..

Sebagai pilihan tempat untuk berbelanja, silakan berkunjung ke pasar Dongdaemun. Mulai dari pakaian hingga hewan peliharaan, semuanya tersedia di sini. Kawasan Dongdaemun merupakan tempat yang selalu ramai, karena ada beberapa toko yang membuka gerainya hingga 24 jam, atau ada pula yang baru membuka toko pada pukul 21.00 hingga pukul 01.00 waktu setempat. Walaupun merupakan pasar semi tradisional, namun pengunjung tidak perlu takut bau dan becek, karena kebersihan di tempat ini sangat terjaga.



Jangan lupa juga mengunjungi Menara Seoul. Pada masa kerajaan, menara ini digunakan sebagai pos pengamatan militer. Kini, Menara Seoul merupakan salah satu menara tertinggi di Korea Selatan. Dari puncak menara, pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh Seoul.

menara ini jg sering disebut Namsan Tower.





dan satu lagi jgn lupa kunjungi Jeju Island aka pulau jeju..
Pulau Jeju atau Cheju (Hanja 濟州特別自治道, Jeju Teukbyeol Jachido), adalah pulau yang terletak di ujung semenanjung Korea dan sangat dekat dengan Jepang.
Pulau Jeju atau Jeju-do dalam bahasa Korea, adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus (special self-governing province) di Korea Selatan. Pulau Jeju terletak di Selat Korea sebelah baratdaya Provinsi Jeollanam-do, yang dahulunya merupakan satu provinsi yang sama sebelum terpisah pada tahun 1946. Ibukota Jeju adalah Jeju City.
Pulau Jeju adalah pulau wisata paling terkenal di Korea, bahkan orang Korea menyebut dengan istilah "Pulau Bali"-nya Korea. Di Pulau tersebut terdapat Gunung Halla, yaitu gunung tertinggi di Korea Selatan. Pulau Jeju merupakan wilayah yang paling hangat dan pada musim dingin sangat jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang biasanya tumbuh di daerah subtropis bisa bertahan hidup.
Bahasa Korea dangan dialek (saturi) Jeju adalah bahasa yang sangat khas, yang hampir mirip dengan bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan hubungan kebudayaan dan sejarah masa lalu yang erat antara kedua wilayah tersebut.


indahnyaa.. jd ngilerr nehh.. rasanya pengen bgts berlibur kekorea.. dan tmpt pertama yg ingin saya kunjungi adalah jeju island..

1 komentar: